Minggu, 06 April 2014

Materi HTML Part 3

3.1 Singkatan (Ankronim)
Untuk menuliskan suatu dokumen atau beberapa istilah kita terkadang menggunakan singkatan (kronim). Untuk menuliskan singakatan,ada tag html yang digunakan, yaitu Tag <abbr> dan Tag <acronym>. Tag tersebut digunakan untuk menyimpan data kepanjangan dari suatu singkatan yang ditampilkan dalam dokumen tersebut. Atribut yang digunakan yaitu tittle. .
Sintaks penulisannya :
<abbr title="kepanjangannya">singkatan</abbr>
<acronym title="kepanjangannya">singkatan</acronym>
Ketika menggunakan tag diatas, maka pada saat pointer kita diatas singkatan tersebut yang di tampilkan oleh browser web, maka kepanjangan dari singkatan tersebut akan ditampilkan mengambang diatasnya.

akronim.html



3.2 Address
Alamat (address) merupakan salah satu elemen yang umum di dalam suatu dokumen. Untukmembuat alamat pada dokumen html di sediakan secara khusus, yaitu Tag <address>. Dengan adanya tag ini maka penulisan alamat dapat distandarkan. Secara default tag <address> akan menampilkan teks disebelah kiri, untuk disebelah kanan menggunakan atribut dir="rtl".
Sintaks penulisannya : 
<address>alamat anda</address>  

address.html


3.3 Arah Teks
Secara lazim untuk teks kita membacanya dari kiri kekanan (left to right - ltr). Di html ada tag yang digunakan untuk mengubah penulisan teks dari kanan ke kiri (right to left - rtl). Tag yang digunakan yaitu Tag <bdo> bidirectional override merupakan tag yang digunakan untuk mendefinisikan arah penulisan teks. Atribut yang digunakan adalah dir.
Sintaks penulisannya :
<bdo dir="rtl">teks yang mau diarahkan</bdo>

3.4 Teks yang Disisipkan atau Dihapus
Dalam menulis artikel web, kita bisa mengkoreksi teks yang ingin dituliskan dengan menggunakan tag <ins> dan tag <del>. Tag tersebut kita bisa mengkoreksi hasil pekerjaan dengan menyisipkan atau menghapus Tag <ins> memberikan tanda untuk sisipan membuat teks digaris bawah. Sedangkan Tag <del> bukan menghapus teks tetapi mengkoreksi pekerjaan dengan memberikan garis tengah horizontak pada teks yang dihapus.
Sintaks penulisannya :
Satu tahun adalah <de> limabelas</del> <ins>duabelas</ins> bulan

3.5 Link HTML
Dokumen HTML menggunakan hyperlinl (anchor) untuk menghubungkan kepada dokumen lain. Dokumen ini bisa berupa teks dan atau gampar yang saling menghubungkan menuu ke dokumen atau bagian lain dalam suatu dokumen. Browser web akan menyorot teks atau gambar yang diidentifikasi sebagai link dengan warna atau garis bawah untuk menunjukkan bahwa itu adalah hyperteks link yang sering disingkat hyperlink atau link saja. 

3.5.1 Tag Anchor
tag <a> untuk membuat suatu link kepada dokumen lain dalam web. Atribut pada tag <a> diantaranya : atribut href="url" untuk mendefinisikan lokasi link, atribut name="name" untuk mendefinisikan nama link dan atribut target="_blank"|"_parent"|_top"|"_self" untuk blank akan membuka pada window baru. patent/top akan keluar dari frame. self akan tetap di window browser.
Sintaks penulisannya : 
<a href="http://www.amikom.ac.id" target="_blank" name="_webamikom">link web Amikom </a>
Link html terdapat 3 jenis, yaitu :

3.5.1.1  Link Relatif
Dibuat apabilaa anda membuat suatu link pada page anda ke page lain pada komputer yang sama. tidak memerlukan alamat internet yang lengkap. Jika kedua page pada direktori yang sama, anda dapat menuliskan nama fle html sebagai berikut :
 
3.5.1.3 Link ke Bagian Lain dalan Dokumen
link jenis ini dibuat apabila untuk membuat dokumen yang panjan sekali, sehingga apaabila ditampilkan dalam browser web akan mengharuskan kita mengscroll layar berulang-ulang. Navigasi untuk penelusuran dokumen dapat dimudahkan dengan menggunakan link antarbagian. dengan menandai setiap bagian tersebut dengan memberinya namasehingga pada beberapa tempat didlam dokumen kita akan ada bagian yang  bernama, dan dibagian lainnya dapat diletakkan link untuk menuju bagia-bagian tersebut.
Sintaks penulisannya :
<a href="#tujuan">link asal</a>
Artikel bebas
<a name="tujuan">posisi tujuan</a>
Artikel bebas

3.5.2 Link Malito 
Malito digunakan untuk membuat link pada suatu pesan mail (tidak dapat bekerja jika mail client tidak terpasang) 

link Malito.html
 

3.5 Tag Marquee
Marquee ini bisa dibuat dengan menggunakan tag <marquee> ... </marquee>
Atribut yang digunakan adalah :
  • bgcolor : mengatur warna background teks
  • direction : "left/right/up/down" mengatur arah gerakan teks
  • behavior :"scroll/slide/alternate" mengatur perilaku d\gerakan scroll adalah suatu teks yang bergerak berputar. Slide adalah suatu teks bergerak sekali lalu berhenti. Alternate adlah suatu teks bergerak dari kiri ke kanan lalu balik lagi.
  • title : pesan akan muncul saat maouse berada diatas teks
  • scrollmount : mengatur kecepatan gerakan dalam pixel, semakin besar angka semakin cepat pula gerakan teks itu
  • scrolldelay : mengatur waktu tunda dalam hitungan detik
  • loop : "angka|-1|infinite" mengatur jumlah loop 
  • width : mengatur lebar blok teks dalam pixel atau persen 

0 komentar:

Posting Komentar