Rabu, 28 Mei 2014

Javascript

JAVASCRIPT

JavaScript adalah sebuah bahasa script yang dicantumkan pada sebuah halaman web dan dijalankan pada browser web. JavaScript adalah nama implementasi Netscape Communications Corporation untuk ECMAScript standar, suatu bahasa skrip yang didasarkan pada konsep pemrograman berbasis prototipe. Bahasa ini terutama terkenal karena penggunaannya di situs web (sebagai JavaScript sisi klien) dan juga digunakan untuk menyediakan akses skrip untuk objek yang dibenamkan (embedded) di aplikasi lain. Walaupun memiliki nama serupa, JavaScript hanya sedikit berhubungan dengan bahasa pemrograman Java, dengan kesamaan utamanya adalah penggunaan sintaks C. Secara semantik, JavaScript memiliki lebih banyak kesamaan dengan bahasa pemrograman Self. Skrip JavaScript yang dimasukkan di dalam berkas HTML ataupun XHTML harus dimasukkan di antara tag <script>...</script>. 
Contohnya : (akan menampilkan sebuah dialog box berisi Halo Dunia! ketika sebuah tombol diklik oleh pengguna)
 

MEMASUKKAN JAVA SCRIPT KE DALAM DOKUMEN HTML
1. Mengapit JavaScript tersebut dengan tag <script>...</script>. Contoh :
 

2. Menggunakan tag HTML yang menangani event. Contoh :

Kegunaan JavaScript

Kegunaan utama JavaScript adalah untuk menuliskan fungsi yang disisipkan kedalam HTML baik secara langsung disisipkan maupun diletakan ke file teks dan di link dari dokumen HTML.
Secara fungsional, JavaScript digunakan untuk menyediakan akses script pada objek yang dibenamkan (embedded). Contoh sederhana dari penggunaan JavaScript adalah membuka halaman pop up, fungsi validasi pada form sebelum data dikirimkan ke server, merubah image kursor ketika melewati objek tertentu, dan lain lain. 

Berikut ini salah satu aplikasi javascript yang dinamis sehingga dapat membuat tampilan web anda menjadi interaktif : 
  • Aplikasi Jam
Jam digital dapat dibuat menggunakan javascript dengan memanfaatkan fungsi Date() dan fungsi set Timeout() untuk melakukan refresh setiap detik pada halaman.  

0 komentar:

Posting Komentar