Sabtu, 31 Mei 2014

Sejarah Internet & Teknologi Web

SEJARAH INTERNET

Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960.Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya. Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). 

 

Sejarah Internet Indonesia

Sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet. 
Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah memberikan kontribusi keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia. 

Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX. Tahun 1995, pemerintah Indonesia melalui Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan ijin untuk ISP yang diberikan kepada IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya dan Radnet pimpinan BRM. Roy Rahajasa Yamin.

Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).

Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi.

SEJARAH WEB

Web atau bisa disebut situs web, atau web site adalah sejumlah halaman web yang saling berkaitan. Suatu situs web biasanya disimpan pada sebuah server web, yg bisa diakses dengan jaringan internet. Jadi disini bisa dikatakan web dengan internet saling berhubungan. Situs web yang saling berhubungan dan berkaitan dapat diakses secara publik dengan WWW (World Wide Web). Tetapi tidak semua situs web dapat diakses secara publik, ada banya juga situs web yang mengharuskan penggunjung situs web tersebut untuk mendaftarkan diri mereka untuk alasan keamanan web.

Langsung kesejarah Web, pengembang pertama kali Web atau Web Site adalah Sir Timothy John "Tim" Berness-Lee, situs web pertama tersambungkan dengan jaringan dimulai pada tahun 1991, dan dapat digunakan secara gratis oleh publik pada 30 April 1993. Situs web dibuat untuk mempermudah penukaran, pengiriman, dan memperbarui informasi.

Situs web dapat dibuat dari hasil kerja perorangan, atau kepemilikan organisasi atau perusahaan. Biasanya dalam sebuah situs web membahas sebuah atau beberapa topik khusus. Sebuah situs web dapat membahas topik yang menghubungkannya ke situs web lainnya, begitu pula sebaliknya. Tetapi hal ini dapat juga membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan maupun dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.

0 komentar:

Posting Komentar