Senin, 26 Agustus 2013

"TEKNOLOGI DAN BISNIS"


"TEKNOLOGI DAN BISNIS"


Di jaman modern seperti sekarang ini siapa yang tidak mengenal internet dan sosial media? Dengan arus globalisasi yang sangat pesat memang kita semua dituntut untuk bisa mengikuti perkembangannya. Teknologi diciptakan untuk membuat hidup lebih mudah, bahkan jadi sangat mudah. Apasih yang tidak ada di internet? Semuanya ada di dalamnya. Apa yang kita tidak ketahui kita bisa dapat jawabannya di internet. Mulai dari sesuatu yang mudah sampai yang rumit sekalipun.
Technopreneur merupakan suatu upaya dalam membuat bisnis dengan berbasis IT, sehingga diharapkan pergerakan bisnis tersebut selalu baik. Teknologi zaman saat ini sangat berpengaruh terhadap bidang apapun, termasuk juga wirausaha. Maka cari uang dengan teknologi pun bisa. Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya “bisnis online”? yap! Bisnis ini tidak beda jauh sama bisnis-bisnis lainnya. Bedanya hanya di media dan tempat yang digunakan. Jika ingin berbisnis dengan murah, bisnis online adalah pilihan yang cocok buat kamu. Karena selain tidak pakai modal yang banyak, bisnis online cenderung punya jaringan yang luas. Secara internet sekarang bisa di akses dimana saja dan aksesnya sangat mudah. Mulai dari computer, laptop, tab, ataupun smartphone semua bisa dengan mudah mengakses internet. Apalagi dengan harga gedget sekarang yang terjangkau. Namun sebelum memutuskan untuk ikut ke dalam bisnis online, kita harus melakukan survey pasar terlebih dahulu.
Bukan hanya lewat blog, terkadang berbisnis online juga sering lewat sosial media seperti twitter dan facebook. Kebanyakan bisnis online menjual baju dan aksesoris yang cantik dan unik. Barang online biasanya limited edition maka tak jarang orang yang tertarik untuk membelinya. Karena kebanyakan orang khususnya wanita suka dengan barang-barang yang limited stok agar tidak banyak yang kembar. Kadang barang-barang online juga mempunyai harga yang terjangkau.
Tetapi saran saya, jangan terlalu gampang percaya dengan yang namanya“shop online” karena tidak sedikit “shop online gadungan”. Maksudnya dia bergedok “shop online” hanya untuk mendapatkan uang dari korban (customer)-nya padahal sebenarnya dia tidak menjual barang apapun. Barang yang di pajangnya bukan barang asli dagangannya. Sampai sekarang, sudah banyak orang yang menjadi korbannya.
Jika ingin membeli barang yang bagus via online tetapi takut menjadi korban  shop online gadungan”, lebih baik sebelum order di shop tersebut kamu harus memastikan dengan yakin bahwa shop yang kamu mau orderin barang bukan “shop online gadungan”. Jangan takut untuk menanyakan apapun ke owner nya. Tanyakan sampai kamu mendapatkan jawaban yang memuaskan diri kamu. Jika selama proses tanya-tanya si owner mencurigakan dan susah untuk di hubungi sebaiknya batalkan niat kamu untuk order barang di shop itu. Tapi jika semua komunikasi antara kamu dan owner nya lancar, dia juga baik dan ramah ke kamu, dan kamu yakin kalau itu bukan “shop online gadungan” maka sudah halal bagi kamu untuk melakukan transaksinya.
Itu tadi sedikit cerita saya tentang kegunaan teknologi untuk berwiraswasta, semoga bisa membantu kamu kamu semua yang membacanya. Dan juga sedikit saran dari saya buat kalian semua yang ingin belanja via online semoga bisa membantu dan bermanfaat buat kamu untuk memutuskannya. Selamat mencobaa~

0 komentar:

Posting Komentar